Sesuatu Yang Indah Dari ANTRA


Daseng ANTRA Dihimpit Reklamasi Teluk Manado

Manado – Lahan satu-satunya yang tersisa dan tersedia untuk masyarakat nelayan dari aktivitas penimbunan atau reklamasi pantai di sepanjang teluk Manado, berada di samping lahan 16 % di kawasan Manado Town Square (Mantos) Manado, sebagai tempat penambatan perahu dan sekaligus sekretariat Asosiasi Nelayan Tradisional (ANTRA) propinsi Sulawesi Utara.

Dari pantauan suluttenggo, saat ini kawasan tersebut telah disulap menjadi tempat yang menarik.  Sebuah pendopo atau lazim disebut di Manado “Daseng” menjadi tempat sekretariat sekaligus ruang rapat para nelayan untuk mendukung program-programnya termasuk pembibitan Mangrove (bakau).

Tidak sampai di situ saja, tempat tersebut juga dimanfaatkan para mahasiswa Ilmu Kelautan Unsrat untuk melakukan penelitian di teluk Manado.  “Tempat ini, sungguh asyik, karena saat melakukan penelitian dapat beristirahat juga di sini. dari atas ini kita bisa memantau palm (pengukur pasang surut) dan di sebelah di pasang alat untuk mendeteksi arah dan kecepatan angin, sementara beberapa teman melakukan pengukuran arus di sepanjang teluk Manado,” ungkap Juned Korwa salah satu tim yang melakukan penelitian di teluk Manado.

Dari pengakuan Korwa dan teman-temannya, bahwa daseng tersebut sangat perlu untuk masyarakat kota Manado khususnya para nelayan dan para peneliti-peneliti di Bidang kelautan. “kalau bisa, perlu kiranya ditambah lagi tempat-tempat seperti ini. Selain indah, juga bermanfaat bagi masyarakat sekaligus miminimalisir konflik dengan para pihak pengembang B on B,” ungkapnya. (C)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: