Kendala dan Upaya Peningkatan Puskesmas Di Kota Manado


Manado – Kota Manado hingga saat ini masih memiliki beberapa kendala dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. “Kendala kesehatan yang ada saat ini, di kota Manado sama dengan kota lainnya seperti masalah kurangnya tenaga kesehatan,” Ujar Amir Liputo Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Manado kepada sejumlah anggota dewan dari Kota Metro Lampung.

Menyadari hal itu, pada tahun 2011 sudah dianggarkan dana untuk rumah dinas dokter dan tenaga kesehatan puskesmas, agar 15 puskesmas yang ada di kota Manado, bisa melayani selama 1×24 jam. “Dana rudis yang sudah dianggarkan pada tahun 2011 diharapkan pada tahun ini (2012) bisa di running, puskesmas itu, 1×24 jam,” lanjut Liputo sembari menambahkan bahwa beberapa di antara 15 puskesmas sudah ada pelayananan rawat inapnya.

Diakui Liputo bahwa pihak puskesmas masih melakukan pungutan retribusi yang dikelola langsung oleh puskesmas itu sendiri.  “Sementara, retribusi ini, digunakan untuk peningkatan pelayanan, seperti penambahan alat-alat, tenaga kesehatan termasuk tempat tidur pasien dan lainnya,” tutur Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Manado itu. (C)

Satu Tanggapan

  1. masih banyak puskesmas yang belum buka 1×24 jam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: