Kegiatan Save Bunaken Sukses! 200 Karung Sampah Terangkat Dari Bunaken


Manado – Sekitar 200-an karung yang terisi oleh sampah-sampah yang dikumpulkan dari 2 lokasi di Pulau Bunaken, saat kegiatan bersih pantai dalam rangka kegiatan Save Bunaken. Lokasi pertama pantai Liang dan lokasi kedua dari pantai Palisang.

Sampah-sampah anorganik (tidak bisa terurai) seperti botol dan pecahan botol, bungkusan plastik dan botol plastik dan lainnya dikumpulkan dari pesisir pantai pada pagi hari hingga siang hari (makan siang). Selanjutnya usai makan siang dilanjutkan kembali dengan pembersihan di wilayah perairan pantai dengan menggunakan peralatan skin diving.

 

Ada beberapa hal menarik yang terjadi pada saat pengambilan sampah-sampah di daerah pesisir pantai.  Dari sampah-sampah yang terkumpul terdapat merek-merek bungkusan makanan kemasan hasil produksi luar negeri seperti Jepang, Filipina dan sebagian dari Eropa.

“Anggapan selama ini, bahwa wisatawan asing memiliki tingkat kesadaraan lingkungan yang sudah tinggi masih perlu disosialisasikan lagi terutama di dalam bahasa Inggris.  Dari jumlah sampah produk luar negeri yang ditemukan mengindentifikasikan pemahaman untuk tidak membuang sampah sembarangan bagi turis asing, masih perlu dilakukan!,” ungkap Mustika Kelana Tarigan Ketua Bidang Bisnis Komersial dan Hubungan Masyarakat Ikatan Sarjana Ilmu Kelautan Unsrat (ISKU).

Relawan Kegitan Bersih Pantai (Save Bunaken)

Sementara itu, koordinator panitia Save Bunaken ISKU Sammy Samuel Kawengian S.Kel, Ketua Umum ISKU Markho B. Tampi, S.Ik dan Ketua Program Studi Ilmu Kelautan Gustaf Mamangkey, S.Pi, M.Si, P.hD memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh relawan yang turut terlibat dalam kegiatan Save Bunaken.

” Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada panitia (ISKU) yang mampu menghimpun segenap stakeholders seperti dari Akademisi (Politeknik Manado dan Unika De La Salle), juga dari instansi seperti Kelompok Kerja Save Bunaken dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Manado, DPTNB dan dukungan penuh dari mahasiswa dan lulusan ilmu kelautan Unsrat,” ujar Mamangkey.

Penyerahan Tong Sampah ke Pihak DPTNB

Dewan penasehat ISKU Dannie Oroh, S.Pi, M.Si, Sekum ISKU Stella Kaunang dan Bendahara Umum Inggrid Sembiring, S.Pi mengaku puas dengan hasil kegiatan pembersihan pulau Bunaken yang mencapai 200 karung.

“”200 Karung yang terkumpul merupakan bukti peran aktif dari sesama relawan, kiranya ini dapat diagendakan oleh ISKU untuk tahun-tahun berikutnya.  Serta ISKU akan menindaklanjuti kegiatan ini dengan kegiatan seminar tentang ekowisata dan kegiatan lainnya,” tegas Oroh. (C)

Satu Tanggapan

  1. Asyik..nda pangge2..do e..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: