Longki Djanggola : Menuju Sail Tomini 2014


Palu Suluttenggo – Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola memaparkan rencana penyelenggaraan Sail Tomini 2014 dihadapan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono,senin (5/3) di Jakarta.  Sebagai tindak lanjut dari surat Gubernur Sulteng kepada Presiden RI, Susilo Bambang Yudoyono tertanggal 07 Desember 2011, No : 523/236/Diskanlut, Perihal Usulan ” Sail Tomini”.

Selanjutnya melalui  surat Sekretaris Kabinet, Dipo Alam, tertanggal 20 Februari 2012, No:B-134/Seskab/II/2012  menyampaikan kepada Menko Kesra untuk segera membahas rencana penyelenggaraan Sail Tomini 2014, sebelum dilaporkan ke Presiden.

Berbagai persiapan akan dilakukan pemerintah Propinsi sulawesi tengah seperti yang dipaparkan Djonggala bahwa pada tahun 2011 telah dilaksanakan workshop “Menggagas Sail Tomini” yang dihadiri oleh tiga Gubernur dan 15 Bupati sekawasan Teluk Tomini,  lobby ke berbagai Negara yang potensial mengirim kapal Tallship dan Yacht (tahun 2012), mengundang advance team  Fleet Review  dan perwakilan peserta Tallship dan Yacht  ke Palu; Koordinasi Pusat- Daerah secara intensif termasuk kegiatan puncak di masing-masing daerah (tahun 2013).

Sementara untuk puncak acara akan dilaksanakan pada tahun 2014, di Sulawesi Tengah yang melibatkan tiga Provinsi dan 15 Kabupaten/kota se kawasan Teluk Tomini dalam satu kesatuan acara yang telah disepakati, seperti, Rally Yacht,  Fleet Review,  Tomini 2014 Bisnis Forum dan Exhibition,  Tomini 2014 Diving Festifal,  Festifal Budaya, Festifal Musik Tradisional,  Olahraga Bahari, Bazaar, dan Entertainment.

Untuk Output  atau Luaran dari Penyelenggaraan Sail  ini sendiri untuk menuju terbentuknya Rencana Pengelolaan  Perairan (RPP)  Teluk Tomini yang mengikat dalam program  dan kegiatan, sinergitas program antara pusat  dan daerah,  tumbuhnya pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan teluk Tomini,  Adanya kelembagaan yang memiliki Kelautan hukum yang  mengkoordinir dan mengevaluasi program dan kegiatan di kawasan teluk Tomini.

Diakhir paparannya Gubernur Longki Djanggola mengharapkan dukungan Pemerintah Pusat, kiranya Sail Tomini dapat diselenggarakan di Tahun 2014, setelah Sail Morotai 2012  dan Komodo 2013 (C/dkp sulteng)

4 Tanggapan

  1. Sail Tomini 2014 hmm….bagaimana dengan migas di sana

    • migas…..bsa di explorasi tpi ingat alam jgan jdi korbanya ksian anak cucu nanti

  2. Semoga sukses acaranya…

  3. kawasan selebes merupakan…..wilayah yg yg memiliki potesi sangat bsar…..yg selama ini blum….di tonjolkan untuk itu kami….sangat menduku…..kgiatan ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: