BLDK : MANUSIA-MANUSIA LUMPUR (Part 3)


Jalur TKG Suluttenggo (stc/google_earth)

TKG Suluttenggo – Semalam di Luwuk hanya kami pakai untuk melepaskan lelah penat, membasuh keringat dan meletakkan tubuh diempuknya kasur.

Usai sarapan pagi yang ekstra cepat, dan pamitan, TKG beranjak dari meja makan untuk prepare (siap-siap) menuju Toili.  Sepuluh ribu rupiah saja untuk naik mikrolet menuju terminal taksi gelap (istilah lokal), selanjutnya lima puluh ribu dari terminal melaju ke Toili.

Perjalanan melewati perkampungan dari unit satu, dua, tiga dan seterusnya hingga sampai ke unit duabelas tempat mendulang emas yang kami tuju.  Kedatangan kami sudah ditunggu oleh salah satu TKG, dan tanpa berbasa-basi langsung menuju lokasi pertambangan rakyat tempat mendulang emas putih (platinum).

Dikiri kanan jalan sebelum sampai di tempat tujuan, sudah terlihat mesin-mesin penghisap air (istilah lokal “dompeng”), lubang-lubang dan bahkan ada yang sudah menyerupai lembah.  “Itu pasukan kura-kura ninja”, kelakar teman kami, menunjukkan sekelompok orang yang mengendong wajan, seperti menggendong tas, diselipkan linggis dan sekop dalam posisi menyilang. Jadi menyerupai “kura-kura ninja”.  Film serial televisi untuk anak-anak.

Tidak lama berselang kami melihat lagi sekumpulan manusia-manusia yang penuh dengan lumpur dari ujung kaki hingga ujung rambut, keluar dari lembah yang terjadi akibat dikeruk dan dihisap oleh “dompeng”.

Manusia-manusia ini sepintas terlihat telanjang, tapi sebenarnya masih memakai “CD” alias celana dalam.  “Wow… seperti body painting aja, nice shoot nich” ujarku ke teman TKG.

“Haha…haha…haha…ini belum apa-apa, masih banyak hal lain, bro…nanti lihat saja,” ujar TKG (M) yang sudah beberapa bulan yang lalu ada dilokasi pertambangan ini.  (TKG) To be continued… part 4 “RASA PENASARAN DIJAWAB DENGAN KEHILANGAN”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: