Sarundajang : Rumah Layak Huni, Langkah Awal Mengentaskan Kemiskinan


S.H. Sarundajang

Manado Suluttenggo – Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang mengatakan bahwa langkah awal untuk mengentaskan kemiskinan, dimulai dengan membangun rumah layak huni yang ditandai dengan peletakan batu pertama bersama Pemimpin Bank Indonesia (BI) Manado, Ramlan Ginting sekaligus Ketua Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Sulawesi Utara,sabtu,(17/3).

“Langkah awal untuk mengentaskan kemiskinan dimulai dari rumah. Rakyat miskin yang tinggal dirumah yang tidak layak huni akan sulit mengembangkan kehidupan termasuk ekonominya. Anak-anak tidak dapat belajar dengan nyaman dan mereka akan terus dililit kemiskinan,”ungkap Sarundajang

“Dengan mendiami rumah yang layak huni, lantai disemen, dinding dibeton atau papan yang rapi, ventilasi baik, plafon, atap seng, memiliki jamban yang baik dan berlokasi di dekat rumah, memiliki listrik dan sumber air bersih, keluarga akan termotivasi untuk mengupayakan sumber pencarian bagi peningkatan taraf hidupnya,” tambah Sarundajang.

Lanjut dikatakan Sarundajang, apabila sudah memiliki usaha kecil yang tetap, “mereka dapat mengajukan KUR (kredit Usaha Rakyat) ke bank-bank pemerintah dengan pinjaman sampai Rp. 20 juta tanpa agunan. Dengan demikian taraf hidup keluarga tersebut diharapkan akan semakin meningkat,” tukasnya.

Sementara itu, untuk peletakan batu pertama, dilakukan untuk rumah tidak layak huni milik Keluarga Kolibu Tamunu di Desa Sapa Barat Kecamatan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan dan Keluarga Makakalag, Desa Nonapan Kabupaten Bolaang Mongondow.(C)

2 Tanggapan

  1. ya…klo layak huninya gratis………..ataupun kredit tampa bunga itu bru bilang..memerangi……kemiskinan…..menurut saya itu bukan solusinya….melainkan….pendidikan yg grtis dan layak….yg di tunjang dgan kesehatan….yang memadai dan tdk tebang pilih…..itu….awal org untuk dapat berkarya….sehingga kemiskinan dapat teratasi

  2. kalau kredit tanpa bunga ….masyarakatnya hidup…banknya yang matilah bang…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: