Sail Tomini 2014 : Peluang Multiplier Effect Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat


Pusat Kegiatan Sail Tomini 2014 (googleearth)

Palu suluttenggo – Sail Tomini 2014  menjadi agenda nasional yang bersekala internasional, sehingga momentum ini akan menjadi kesempatan yang berharga bagi wilayah di kawasan teluk Tomini yang terdiri atas 3 propinsi dan 15 kabupaten/kota  pada umumnya dan khususnya wilayah propinsi Sulawesi Tengah yang terdiri dari 11 kabupaten/kota.

Akan lahir sejumlah peluang yang memiliki efek domino, multiplier effect yang  nantinya bermuara kepada pembangunan ekonomi maupun kesejahteraan rakyat.  Setidaknya ada sejumlah program dan kegiatan yang akan diimplementasikan pada event itu.

Diantaranya penyelenggaraan Yacht Rally, kegiatan ini akan menempuh rute dari Australia ke Teluk Tomini, melintasi teluk Tolo bagian dari ALKI III diikuti sekitar 10 negara, memanfaatkan kapal-kapal ex Sail di Indonesia.

Fleet Review, parade Tallships statis di area lego jangkar yang diikuti oleh perwakilan Negara–Negara sahabat; Openships, kunjungan ke kapal-kapal bagi masyarakat umum.

Tomini 2014 Bisnis Forum and Exhibition; dengan kegiatan: Launching implementasi program terkait MP3EI Regional Sulawesi; khususnya  di sekitar Teluk Tomini.

Pameran pembangunan, diikuti 3 propinsi dan 15 kabupaten/kota serta wilayah administrasi lain yang diundang di Kota Palu dan Seminar Investasi dan bisnis melibatkan Pemerintah Pusat, Daerah dan swasta.

Tomini 2014 Diving Festival; merupakan Festival selam internasional, mengundang peselam dunia dan peserta fleet review pada salah satu titik penyelaman massal.

Festival Budaya; masing-masing dilaksanakan oleh 3 Propinsi dan 15 kab/kota mengangkat budaya dari masing daerah dan Festival Musik Tradisional yang diikuti 3 propinsi dan 15 kabupaten/kota serta wilayah administrasi lain di Kota Palu.

Olahraga Bahari; kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk lomba dan pertandingan antara lain : Lomba renang antar pulau, Lomba memancing (Fishing Sport), Lomba layar tradisonal, Lomba Jet ski, Lomba lukis bahari, Rally foto.

Bazaar jajanan tradisional, souvernir dan multi produk hasil industri kreatif yang diikuti 3 provinsi dan 15 kabupaten/kota serta wilayah administrasi lain yang diundang.

Entertainment, panggung hiburan yang akan menghadirkan artis-artis dari ibukota dan terbuka gratis bagi seluruh pengunjung berupa Festival Musik.

Berangkat dari sejumlah program dan kegiatan yang direncanakan, maka setidaknya semua program tersebut, menjadi informasi awal kepada seluruh masyarakat regional, nasional dan internasional sehingga ada kesiapan yang mantap bila tertarik mengikutinya.

Selanjutnya informasi ini diharapkan menjadi pemicu investasi bagi investor yang akan membangun fasilitas akomodasi, restoran  dan sejumlah sarana pendukung lainnya di kawasan teluk Tomini umumnya, khususnya di Sulawesi Tengah.

Hal yang tidak kalah pentingnya bahwa di bawah koordinasi Menko Kesra, paling tidak sebelas kementerian terkait akan mefasilitasi pembangunan infrastruktur dasar dan penunjang lainnya berdasarkan kewenangannya. (C)

Sumber : Hasanuddin Atjo, Sekretaris Pokja Sail Tomini 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: