Tips Membersihkan Pesisir Pantai


Tips Mebersihkan Pantai (photo:stc)

Tips suluttenggo – Sampah kerap kali menjadi suatu permasalahan di daerah pesisir pantai, khususnya di wilayah pemukiman masyarakat pesisir.  Karena Pesisir dan pantai digunakan masyarakat untuk tempat nongkrong atau ngerumpi, mandi-mandi dan tempat penambatan perahu.

Moment-moment indah ini, tentunya tidak ingin diusik oleh keberadaan sampah yang seringkali mengganggu dari segi keindahan (nilai estetika).  Untuk menangani sampah terutama sampah padat, mari kita simak Tips dari suluttenggo yang didapat dari apa yang dilakukan pengelola cottage dan masyarakat pulau Bunaken, untuk mengelola sampah ini.

Sebelumnya sampah padat terdiri atas 2 bagian, yang pertama adalah sampah organik dan yang kedua adalah sampah anoraganik.  Sementara sampah organik merupakan sampah yang mudah terurai seperti dedaunan, pelepah kelapa, kayu dan lainnya, sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang sulitterurai seperti, bungkus makanan yang terbuat dari plastik dan botol minuman yang terbuat dari kaca ataupun produk-produk sintesis lainnya.

Untuk membersihkan daerah pesisir, pertama-tama dilakukan pemisahan sampah padat yang organik dan sampah yang anorganik. Sampah anorganik yang dikumpulkan selanjutnya diangkut ke tempat sampah yang telah tersedia yang selanjutnya akan dibawa ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA).

Tahapan kedua, sampah yang organik, dipisahkan lagi antara kayu-kayu yang besar dan sampah dedauan.  kayu-kayu besar dikumpulkan di pinggir pantai atau bisa dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari seperti membuat souvenir dan lainnya.

Tahap ketiga, buat lubang kira-kira sedalam setengah meter pada permukaan pasir pantai, namun jika sampah yang dikumpulkan cukup banyak pembuatan lubang bisa ditambah lebih dari satu yang disesuaikan dengan jumlah sampah.  Maksunya agar lubang yang dibut tidak terlalu dalam atau terlalu lebar.

Tahapan terakhir, tutup lubang-lubang tersebut kembali dengan pasir, dan ratakan. Nah.. sekarang pantai dan pesisir sudah terlihat bersih, terutama di area pantai ketika air pasang datang akan merapikan pasir bekas timbunan dan kembali terlihat indah dan alami. (C)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: