Tips Menemukan dan Menjepret Si Cute “Nautilus”


Nautilus (google image)

Tips Suluttenggo – Nautilus adalah kelas chepalopoda dan termasuk moluska.  Moluska cantik ini tersebar di daerah Indo-Pasifik dan mendiami dasar parairan pada kedalaman rata-rata 300-350.  Namun organisme ini sering naik ke permukaan hingga tinggal ratusan meter untuk mencari makan, kawin dan bertelur.  Setelah itu ia bisa turun lagi ke dasar perairan sejauh 800 m dari permukaan air laut.

Kata Nautilus diambil dari bahasa Yunani yang artinya “pelaut”, dan tentu saja dengan berdiam di dasar perairan yang gelap dan dalam, para fotografer bawah air (Underwater Photography) kesulitan untuk menemukan dan menjepret Nautilus si cute. Keindahan hewan ini begitu mempesona para divers dan tidak sedikit yang penasaran, hingga beberapa fotografer yang sudah pernah mengabadikan foto Nautilus, membuat tipe rumahnya mirip Nautilus.

Rancangan Rumah Menyerupai Nautilus (style fizz)

Namun ada beberapa tips yang ditawarkan oleh suluttenggo.  Tips ini diperoleh dari seorang guide (divers) Noldy di Pulau Lembeh yang pernah dimintai oleh fotografer kelas dunia untuk menemukan Naultilus.  Ia memaparkan kepada suluttenggo saat melakukan kegiatan diving di pulau Makawidey selat Lembeh.

Pertama-tama sediakan tali sepanjang 150-200 m.  buat keranjang atau tepatnya kerangkeng yang sewaktu-waktu bisa ditutup dengan menggunakan seutas tali.  Kemudian sediakan umpan.  hidupkan mesin perahu dan siap meluncur ke tengah perairan, dan pastikan bahwa anda berada di daerah Indo-Pasifik, kalau tidak hasilnya akan nihil.

Dari atas perahu ikat kerangkeng dan lepaskan ke dasar perairan dengan menambahkan pemberat pada kerangkeng.  Selanjutnya tunggu dan coba angkat sedikit apakah beban yang ditimbukan sudah berbeda dibandingkan pada saat di lepas ke dasar perairan (di sini butuh keahlian khusus).

Angkat kerangkeng jika terasa ada hewan yang masuk perangkat, letakkan di atas perahu dan siap menjepret.  Setelah menjempret nautilus dilepaskan kembali ke perairan.  Namun jika ingin mendapatkan gambar yang lebih ekstreem saat melepas ke dasar, terlebih dahulu seorang fotografer siap mengabadikannya di kolom air.

Nah…sekarang hasil gambar siap di edit dan menjadi koleksi atau dipublikasikan. Untuk menjaga kelestarian Nautilus tidak dibenarkan untuk mengoleksi binatangnya, karena nautilus merupakan hewan yang sudah cukup langka dan telah hidup di Indo-Pasifik selama lebih dari 500 Juta Tahun yang lalu. (C)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: