Ilmu Kelautan Menerima Mahasiswa Baru, Tahun Ajaran 2012/2013


Seminar Konservasi Keanegaragaman Hayati Internasional

Manado Suluttenggo – Program Studi Ilmu Kelautan pada tahun 2012 ini, akan menerima pendaftaran mahasiswa/i tahun ajaran baru 2012/2013.  Badan Akreditasi Nasional (BAN) telah mengevaluasi bahwa Program Studi Ilmu Kelautan Usrat terakreditasi A.

Potensi bahari di kawasan Pasifik dan letak geografisnya yang strategis, memacu pengembangan Program Unggulan Regional pada Sektor Kelautan. Hal ini diantisipasi oleh Program Studi Ilmu Kelautan pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang telah berkegiatan akademik sejak 1987/1988 melalui Marine Science Education Project yang didanai dari ADB sampai 1995/1996, dengan  mencanangkan visi dan misi ke depan yang mengacu pada Rencana Strategi Universitas Sam Ratulangi tahun 2004-2015.

Program Studi Ilmu Kelautan sendiri memiliki visi: 1) Menjadi model unggulan dalam penyelenggaraan pendidikan dan penelitian kelautan di kawasan Pasifik; 2) Terciptanya iklim institusional yang menunjang peningkatan kualitas tenaga profesional di bidang kelautan yang berwawasan global.

Kegiatan Bersih Pantai Oleh HIMIKA&ISKU

Untuk mendukung visi ini, Program Studi Ilmu kelautan didukung model unggulan dalam penyelenggaraan pendidikan dan penelitian kelautan di kawasan Pasifik yang terjabar dalam kelima Bidang Minat (Laboratorium) yang ada yaitu: Biologi kelautan, Bioteknologi Kelautan, Geomorfologi Pantai dan Hidro-Oseanografi, Toksikologi dan farmaseutika Laut, dan Kimia Bahan Hayati Laut.

Kualitas staf pengajar,tidak meragukan lagi. Karena dengan kualifikasi studi S2 dan S3. Dosen-dosen S3 sudah terbukti berkualifikasi sebagai peneliti andalan, antara lain terlihat dari hubungan kolaborasi penelitian dengan instansi-instansi dalam dan luar negeri, motivasi mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal regional, nasional,maupun internasional sangat tinggi. Mampu membuka peluang dalam mempresentasikan hasil penelitian dalam seminar-seminar regional, nasional,dan internasional. Ditunjang dengan 9 Guru Besar (Profesor) yang beberapa diantaranya sudah menjadi Dosen Internasional.

Namun masih ada berbagai tantangan yang harus dihadapi, antara lain kegiatan pemanfaatan ruang laut dan pesisir yang semakin tinggi memicu tekanan terhadap kelestarian fungsinya. Issue aktual dalam pengelolaan wilayah pesisir dan laut berupa pemanfaatan ruang, pemanfaatan sumberdaya, urbanisasi dan pencemaran laut, kehidupan satwa liar laut, dan industrialisasi; tekanan untuk memperbesar daya tampung serta tuntutan masyarakat terhadap tugas dan fungsi Program Studi  Ilmu Kelautan semakin besar.

PALAMIK

Menjawab hal tersebut beberapa organisasi dan kegiatan mahasiswa dibentuk sebagai upaya menjawab issue yang berkembang di tengah masyarakat seperti, Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HIMIKA), Pecinta Alam Ilmu Kelautan (PALAMIK), Alumni Ilmu Kelautan dan Ikatan sarjana Ilmu Kelautan Unsrat (ISKU) yang selalu siap mengemban tugas dan tanggungjawab Almamater.

saat ini, Program studi Ilmu Kelautan dipimpin oleh Gustaf Mamangkey,S.Pi.,M.Sc.,Ph.D, dan bagi masyarakat atau siswa/i yang akan lulus SMA, SMK dan sederajat di wilayah Suluttenggo dapat memperoleh informasi lebih lanjut, lewat : e-mail : gustaf@unsrat.ac.id atau langsung saja ke Ruang Program Studi Ilmu Kelautan di : Jl. Kampus Unsrat Bahu, Manado Gedung FPIK lt.2 Program Studi Ilmu Kelautan. (*)

Satu Tanggapan

  1. tolong info persyarata untuk jalur sumikola…dan biayanya brapa thx sblumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: