“Deklarasi Kawanua” 2012 Untuk Memperkuat Perekonomian Domestik


Penandatangan Deklarasi Kawanua (humas pemprop sulut)

Manado suluttenggo – Untuk memperkuat perekonomian dan peningkatan dan perluasan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya Regional Sulawesi,maka pemerintah Republik Indonesia telah memasukkannya dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010 – 2014.

Sesuai dengan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3EI), Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (RI) Syarif Cicip Sutardjo meminta seluruh Gubernur yang ada di Sulawesi dapat membentuk KP3EI (Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi) di wilayahnya masing-masing.

Menteri Cicip Sutardjo meminta agar perhatian para Gubernur menyangkut Program Peningkatan Kehidupan Nelayan (PKN) sebagai salah satu program dalam MP3EI yang merupakan Program Cluster 4.  Selain itu, akan dilakukan secara bersama-sama dengan dukungan lintas sektor seperti Pembuatan Rumah Sangat Murah, Pekerjaan Alternatif dan Tambahan bagi keluarga Nelayan, Skema UKM dan KUR, Pembangunan SPBU Solar, pembangunan Cold Storage, Angkutan Umum Murah, Fasilitasi Sekolah dan dan Puskesmas, dan Fasilitas Perumahan Rakyat.

Kementerian Kelautan dan perikanan juga telah menetapkan Industrialisasi Kelautan dan perikanan sebagai Grand Policy dalam rangka akselerasi pembangunan sektor kelautan dan perikanan. Melalui Industrialisasi diharapkan akan memperkokoh struktur usaha perikanan nasional yang membawa multiplier effect dan sebagai prime mover perekonomian nasional.

Pada kesempatan itu juga, Gubernur Sulawesi Utara Dr. Sinyo Harry sarundajang menerima “Deklarasi Mamuju” tentang Penguatan Komoditas Unggulan Sulawesi dan Program Prioritas Pulau Sulawesi dari Gubernur Sulawesi Barat sebagai Ketua BKPRS (Badan Kerjasama Pembangunan Regional Sulawesi) yang diserahkan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Barat Aladin S Mengga.

Selanjutnya para Gubernur se Sulawesi menandatangani “Deklarasi Kawanua” Tahun 2012 yang tentang Prioritas Pembangunan Regional Sulawesi Tahun 2013 dalam rangkaian acara¬† Musyawarah Perencanaan Pembangunan Regional (Musrenbangreg) Sulawesi Tahun 2012 di Grand Kawanua Convention Center (GKCC) Hotel Novotel Manado. (hpp/C)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: