Pelayanan E-KTP Gratis, Dimanfaatkan Perangkat Desa


Perekaman E-KTP di Desa Sea Satu

Perekaman E-KTP di Desa Sea Satu

Minahasa suluttenggo– “Perilaku koruptif, berawal dari pelayanan yang buruk”, ungkap Djamaludin Achmad seorang anggota Lembaga Swadaya Masyarakat kepada suluttenggo di Manado. Kalimat tersebut terlontar saat suluttenggo menceritakan kronologis pelayanan pembuatan E-KTP salah satu desa di Kabupaten Minahasa, Sabtu (28/4)

Dimana dari hasil pantauan suluttenggo, masyarakat digiring secara tidak langsung untuk memberikan partisipasi dengan disediakannya sebuah kotak dos aqua untuk tempat ‘uang’ partisipasi di Kantor Desa Sea Satu Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa.

Ketika suluttenggo mengkonfirmasi tentang adanya partisipasi ilegal terhadap pelayanan E-KTP Gratis di kantor desa tersebut, salah satu oknum petugas desa menerangkan bahwa hal ini tidak diharuskan, hanyalah sebagai bentuk kerelaan, jika masyarakat bersedia memberikanya. “Ini cuma partisipasi, terserah masyarakat desa mau memberikannya atau tidak, nilainya tidak ditentukan”, ungkap oknum tersebut.

Oknum tersebut juga menjelaskan bahwa target pembuatan E-KTP di desa sea ini, baru sampai pada persentase 85% dan sisanya 15% akan diadakan ‘jemput bola’, pemanggilan secara langsung di rumah-rumah oleh perangkat desa. (dm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: