Dihantam Puting Beliung Sekitar 53 Rumah Rusak Berat


Minahasa Selatan

Minsel Suluttenggo – 371 jiwa warga Desa Arakan Kecamatan Tatapaan Kabupaten Minahasa Selatan harus kehilangan tempat tinggal. Pasalnya 53 rumah mereka rusak berat hingga rata dengan tanah akibat dihantam oleh angin puting beliung, Senin (09/07) siang. Angka kerusakan rumah tersebut bertambah dari data sebelumnya yang hanya 48 buah terdiri dari 19 rata tanah dan 39 rusak berat. Pertambahan tersebut dikarenakan saat kejadian belum sempat terdata dan pemilik rumah sudah terlebih dulu mengungsi.

“Dari pendataan terakhir ada ketambahan kerusakan rumah warga lima buah. Penambahan ini baru masuk setelah ada laporan warga yang kemarin belum sempat terdata oleh petugas di lapangan. Namun tidak ada korban jiwa sebab warga sudah terlebih dulu mengungsi di tempat yang aman. Untuk sementara warga yang belum memiliki tempat mengungsi ditempatkan ditenda. Bekersama dengan Dinas Sosial, tim bantuan juga telah membangun dapur umum,” ujar Kaban Penanggulangan Bencana Handry Komaling saat ditemui di lokasi bencana Selasa (10/07/2012).

Untuk jumlah kerugian sendiri belum ada data, namun diperkirakan tidak terlalu besar karena rumah yang tertimpa masih semi permanen. Kerugian terbesar terutama dari psikologis penduduk yang rata-rata perekonomiannya menengah kebawah. “Masih dalam pendataan berapa besar kerugiannya. Cuma kemungkinan tidak terlalu besar karena rumah yang rusak statusnya semi permanen. Tapi menjadi perhatian psikologis warga yang harus kehilangan tempat tinggal, apalagi secara ekonomi masih menengah kebawah,” tambah Komaling.

Sementara itu dari pantauan di lokasi Desa Arakan yang tertimpa bencana tidak layak menjadi perkampungan warga. Pasalnya tanah yang ditempati merupakan timbunan rawa, bila pasang naik, air laut akan naik dan merendam halaman rumah warga. Sehingga tampak tidak sehat dijadikan lokasi pemukiman. Dengan adanya bencana dapat menjadi alasan merelokasi ke tempat yang lebih layak (S)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: