Ekspor Komiditi Pala Sulut Di Pasar Eropa, Terus Meningkat


Komoditi Pala Yang Menjadi Andalan Sulut

Manado suluttenggo — Komoditi ekspor tanaman perkebunan di provinsi Sulawesi Utara (Sulut), seperti buah pala terus mengalami peningkatan. Komoditi pala Sulut, sudah sejak lama menembus pasar eropa dan tahun ini, terutama negara Italia mengalami peningkatan permintaan.  Untuk pekan ke-empat bulan Juli ini saja, sudah mencapai 15 ton.

“Ekspor pala sebanyak 15 ton mendatangkan devisa US$337.500 bagi Sulut,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Sanny Parengkuan sembari menambahkan bahwa pengiriman komoditas unggulan pala Sulut terus menunjukkan peningkatan dari waktu ke waktu menyusul pala produksi Sulut diakui sebagai salah satu paling berkualitas baik, di dunia dan hampir setiap bulan terjadi ekspor ke Italia.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Disperindag Sulut, Hanny Wajong mengatakan, Italia sangat mendominasi dalam hal pembelian komoditas pala Sulut tahun belakangan ini.

“Permintaan Italia yang sangat tinggi, menjadikan negara tersebut mendominasi sebagai pembelian komoditas pala Sulut saat ini,” ujarnya.

Dengan harga berkisar US$22,5/kg dan permintaan yang kontinu setiap bulannya, tentunya akan berdampak pada perekonomian masyarakat, khususnya para petani pala sulut.

“Harga ekspor pala ke Italia berkisar US$22,5 per kg mampu mempertahankan harga yang menguntungkan di tingkat petani,” tandas Wajong. (ant/C)

2 Tanggapan

  1. saya punya buah pala,kalau mau export gimana ya,,pin bb21caba22

  2. q jga mw impor ke eropa gmnacrny!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: