Letusan Gunung Lokon dan Gunung Gamalama Berselang Satu Jam


Letusan Eksplosif Gunung Lokon

Nasional.suluttenggo – Dua letusan Gunung Berapi di tempat yang terpisah, Gunung Lokon di Kota Tomohon Sulawesi Utara dan Gunung Gamalama di Kota Ternate Maluku, terjadi hanya berselang waktu 1 jam, pada Sabtu (15/9) 2012.

Letusan eksplosif pertama terjadi pada pukul 18.53 WITA di mana Gunung Lokon menggetarkan kaca-kaca Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu di Kakaskasen, yang berjarak sekitar lima kilometer dari Kawah Tompaluan.

Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengtakan bahwa pada saat letusan diiringi dengan lontaran material pijar (strombolian) yang diperkirakan mencapai ketinggian sekitar 600 meter.

Selang satu jam kemudian Gunung Gamalama di Ternate juga mengalami letusan yang mengeluarkan abu vulkanik. Dalam siarahingga tengah hari pukul 12.00 WITAn persnya, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Gunung Gamalama meletus pada pada Sabtu (15/9) malam pukul 20.27 WIT. Hujan abu terjadi semalam di bagian timur-selatan Kota Ternate. Letusan kedua terjadi pada Minggu (16/9) ini pada pukul 13.22 WIT. Pada pukul 14.15 WIT, terjadi letusan yang ketiga.

Seperti diketahui, Gunung lokon dan Gunung Gamalama sudah menunjukkan tanda-tanda yang diikuti dengan gempa.  Tercatat hingga tengah hari pukul 12.00 WITA telah terjadi gempa vulkanik dalam sebanyak 56 kali, gempa vulkanik dangkal sebanyak 91 kali dan gempa embusan asap sebanyak 11 kali. “Walaupun telah terjadi letusan, namun status Gunung Lokon masih siaga level III, dan belum perlu dilakukan pengungsian,”tandas Nugroho. (*/C)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: