Luar Biasa ! Api, Es dan Pelangi Menjadi Fenomena Letusan Gunung Soputan


Gunung Soputan Meletus, Dilihat dari Pos Pemantau Desa Maliku, Amurang Timur.

Sulut – Letusan gunung berapi biasanya ditandai dengan lontaran bebatuan material panas, api dan semburan abu yang membentuk awan.

Namun ada yang berbeda, saat letusan Gunung Lokon terjadi. Bukan saja mengeluarkan api dan debu vulkanik tetapi juga menyebabkan turunnya butiran-butiran es di Motoling Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Disamping itu, terlihat jelas sebuah pelangi muncul menghiasai langit di atas puncak Gunung Lokon, Selasa (18/9) 2012.

Letusan Gunung Berapi Soputan dan Pelangi

Dari pendapat-pendapat masyarakat yang dihimpun Suluttenggo mengutarakan perasaannya melihat fenomena yang ganjil ini, terdapat ketakutan yang tersembunyi akan datangnya bencana yang kapan saja bisa terjadi. Karena sepanjang dua minggu terakhir kawasan seputaran Filipina, Sulawesi Utara dan Maluku Utara seperti berlomba-lomba menunjukkan tanda-tanda fenomena kejadian alam.

Sebagian masyarakat lainnya malah menganggap bahwa fenomena ini merupakan bagian dari alam semesta khususnya bumi yang terjadi alami. Munculnya pelangi di saat Gunung meletus, menjadi tanda bahwa kejadian besar seperti bencana tidak akan terjadi.

“Apapun itu, kejadian fenomena letusan disejumlah daerah patut untuk diwaspadai dan tetap dipantau agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi,” ujar Jhon masyarakat kota Manado sembari menambahkan agar aktivitas Gunung Soputan yang membelah 3 kabupaten di Sulawesi Utara tetap diwaspadai. (C)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: